Manfaat Kencur Untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Batuk dan Kanker


Manfaat Kencur Untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Batuk dan Kanker

Dapur Studi -  Kencur adalah salah satu tanaman obat keluarga (Toga) , kencur termasuk ke dalam keluarga jahe-jahean. Memiliki nama latin kaempferia galanga, kencur dapat tumbuh di wilayah beriklim tropis dan subtropis. Sering dijadikan obat tradisional karena memiliki beberapa khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, ternyata kencur memiliki beberapa kandungan sebagai berikut : 
  1. Pati
  2. Mineral
  3. Sineol 
  4. Alkaloid
  5. Gom
  6. Kamphene
  7. Paraemarin
  8. Etil ester
  9. Broneol
  10. Sitotoksik
  11. Antibakteri
  12. Asam anisat
  13. Asam Metil kanil dan penta dekaan
  14. Asam sinamat

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengatasi Batuk-batuk

Kencur dapat mengatasi penyakit batuk, dengan kandungan yang dimilliki dapat membuat tenggorokan anda terasa lebih hangat, terutama pengidap batuk berdahak.

Cara Membuat Obat Batuk dari kencur

Campurkan satu sendok teh kencur yang sudah dihaluskan dengan garam, lalu telan mentah-mentah.

2. Mengatasi Diare

Kandungan sitotiksik dan antibakteri yang ada di dalam kencur, dapat membunuh bakteri jahat dan membantu mencegahnya datang kembali,  minum sari kencur setiap hari dan campurkan dengan sedikit air hangat.

3. Membantu Mencegah Kanker Lambung

Salah satu penyebab timbulnya gejala kanker lambung adalah karena Baketri H. pylori, yang merupakan bakteri ganas yang menyerang lapisan lendir dinding usus dan lambung.
Koloni bakteri ini mengeluarkan enzim urease yang mengubah urea menjadi amonia serta menggali dinding saluran pencernaan untuk bertahan hidup.

Minum sari kencur dengan setengah gelas air hangat, dapat membantu penyembuhan pada kanker lambung.

4. Membantu Menghilangkan Stres

Sifat antidepresan pada kunyit dapat menenangkan saraf-saraf tegang pada tubuh manusia layaknya efek obat sedatif. Campurkan sari kencur, air jahe, perasan lemon, madu dan air hangat, lalu minum lah secara rutin.

5. Mencegah Karies Gigi

Karies adalah area gigi yang rusak permanen dan berkembang menjadi lubang kecil. Kencur memiliki sifat antimikroba, dapat menghalang bakteri dan mikroba jahat terutama Lactobacillus acidophilus pada mulut dan membantu menjaganya untuk selalu sehat. Gunakan larutan kencur jahe sebagai obat kumur-kumur.

6. Obat Nyeri

Beras kencur memiliki efek rasa hangat jika ditempelkan pada kulit yang pegal atau nyeri, metode ini sudah lama di praktekan sejak zaman dahulu. Dan sekarang terbukti masih dipakai oleh beberapa tukang urut diberbagai daerah, campurkan kencur yang sudah dihaluskan dengan minyak pijat, lalu oleskan atau balurkan pada area yang nyeri.

7. Menambah Nafsu Makan

Dari berbagai sumber yang berhasil dirangkum, seperti alodokter.com , halodoc,  dan 99.co. Manfaat kencur yang satu ini adalah resep turun-temurun dari nenek moyang kita, pada zaman dahulu, orang orang sering meminum jamu beras kencur, asam jawa dan gula merah. Hal itu dilakukan secara rutin untuk dapat meningkatkan nafsu makan kita, cocok untuk kamu yang ingin menaikan berat badan.

No comments for "Manfaat Kencur Untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Batuk dan Kanker"