Macam Macam Tanaman Toga Beserta Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari


Macam Macam Tanaman Toga Beserta Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari
Tanaman Toga @dapurstudi

Dapur Studi - Tanaman Toga Merupakan tanaman budidaya yang memiliki manfaat sebagai obat herbal untuk manusia, pemanfaatan tanaman sebagai obat sudah dilakukan sejak dahulu kala, dan menjadi tradisi turun temurun dari nenek moyang kita terdahulu.
Penggunaan tanaman sebagai obat tentunya sangat bagus untuk kesehatan kita, karena tidak  memiliki efek samping seperti obat kimia. Hal itu terbukti orang orang dahulu umurnya jauh lebih panjang dibanding dengan orang zaman sekarang.

Daftar Tanaman Toga Beserta Manfaatnya

Jika anda berniat menanam toga di pekarangan rumah anda, alangkah baiknya anda mengetahui jenis apa saja yang wajib ditanaman dan akan sering digunakan dalam kehidupan sehari hari. 

Berikut adalah macam-macam tanaman obat keluarga yang wajib ada di pekarangan rumah, lengkap beserta menfaatnya : 

1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau yang sering disebut aloe vera, merupakan tanaman yang mengandung beragam nutrisi. Sering digunakan oleh pakar kecantikan untuk menghilangkan jerawat, dan diketahui memiliki khasiat tinggi bagi rambut dan kulit. Biasanya pemakaian lidah buaya dalam bentuk gel ataupun ekstrak sering ditambahkan ke dalam sabun, sampi, losion atau krim wajah, lidah buaya juga bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman atau makanan.

Manfaat lidah buaya

Manfaat lidah buaya sendiri sangat banyak, diantaranya mempercepat proses penyembuhan setelah operasi, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan TBC, anti peradangan dan dapat menyembuhkan darah tinggi.

2. Daun Dewa

Daun dewa atau yang sering dikenal dengan nama daun sambung nyawa ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan. 

Manfaat daun dewa 

Daun dewa memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, diantaranya : dapat membantu membunuh bakteri yang aktif dalam mulut, mimisan , sakit gigi, gusi bengkak, bisul, bau badan, bau ketiak, menghilangkan penyakit kulit, melancarkan datang bulan tidak teratur, menyembuhkan batuk, sariawan, demam berdarah, membantu mempercepat proses penyembuhan luka bakar.

3. Brotawali 

Memiliki nama latin Tinospora cordifolia, tanaman ini sering kali tumbuh liar di tempat yang panas. Memiliki rasa yang luar biasa pahit, tetapi memiliki khasiat yang sangat banyak dalam mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit. 

Manfaat brotawali

Dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka, mengatasi penyakit kulit, menurunkan demam, mengobati kencing manis, dan sakit rematik, mencegah diabetes, mencegah kanker, mengobati asam urat, menjaga kesehatan tulang, mengobati hepatitis, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Daun Kemangi

Daun kemangi sering kita temukan pada beberapa jajanan dan masakan di sekeliling kita, biasanya sering disajikan bersama sambal. Ternyata daun kemangi ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Salah satu fungsinya daun kemangi adalah menetralisi racun yang mungkint erbawa dari makanan yang kita makan. 

Manfaat daun kemangi

Untuk macam-macam manfaatnya sendiri adalah sebagai berikut, Memperkuat sistem kekebalan tubuh, menambah stamina pria terutama sel sperma, mencegah kemandulan, antiseptik alami, memperbaiki fungsi hati, mencegah ejakulasi dini, mencegah bau badan, mencegah tulang kropos, memperlancar asi, menurunkan kadaar gula darah serta menghilangkan jerawat.

5. Seledri 

Kerap kali digunakan sebagai penyedap rasa dan campuran makanan pada sop ataupun soto karena memiliki aroma yang khas, ternyata daun seledri memiliki khasiat untuk mengatasi asam urat.

Manfaat daun seledri

Seledri dapat membantu mengatasi penyakit asam urat, meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, mencegah dan mengobati penyakit kanker, mencegah dan mengobati darah tinggi dan membantu menurunkan berat badan.

6. Kunyit

Kunyit memiliki cita rasa dan warna yang khas, oleh karena itu kunyit kerap kali dijadikan sebagai bahan pelengka makanan atau bumbu makanan. 

Manfaat kunyit untuk kesehatan

Membantu mencegah kanker, mengatasi penyakit maag, menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah, anti mikroba, anti oksidan dan mengatasi rasa mual.

7. Kencur

Sama seperti kunyit, kencur juga kerap kali digunakan sebagai bumbu masakan. Kencur memiliki berbagai macam khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya : 

Manfaat kencur

Dapat membantu memperlancar haid, menghilangkan arasa lelah dan mengatasi batuk serta anti peradangan lambung.

8. Jahe

Selain dijadikan bumbu masak, tetapi jahe kerap kali dijadikan minuman herbal penghangat tubuh dikala cuaca dingin. Jahe memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat

Menyembuhkan batuh, meningkatan kekebalan tubuh, mengatasi masuk angin, sakit kepala, mengatasi mabuk darat dan laut, obat luka memar dan menghambat oksidasi kolesterol.

9. Lengkuas

Selain sering dijadikan campuran masakan terutama daging seperti salah satunya membuat rendang, lengkuas memiliki zat aktif galangol, methyl-cinnamai, galangin, sineol, kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat dan amilum yang terbukti ampuh mengatasi berbagai macam penyakit.

Manfaat Lengkuas

Membantu melancarkan peredaran darah, membuah toxin dan radikal bebas dalam tubuh, penambah nafsu makan, menyembuhkan rematik dan limfa, meredakan deare, mengatasi mabuk laut dan daran serta mencegah tumor.

10. Sirih

Jenis tanaman merambat ini sangat sering digunakan untuk obat herbal alami, daun sirih kaya akan kandungan saponin, tannin, eugenol, berbagai kandungan tersebut menjadikan daun sirih sangat kaya manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat daun sirih

Mengatasi mimisan, sakit gigi, gusi bengkak, bisul, bau badan, bua ketiak, mengatasi penyakit kulit, melancarkan datang bulan tidak teratur, mengatasi batuk, sariawan, dan membantu mempercepat proses penyembuhan luka bakar, melancarkan datang bulan yang tidak teratur, mengobati batuk, sariawan,demam berdarah serta dapat mendjadi obat kumur alami untuk membunuh bakteri aktif dalam mulut.

Dari artikel yang kita bahas saat ini, terbukti menanam tanaman toga sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Tanaman toga seperti lengkuas, jahe, kunyit, kencur, seledri dan daun kemangi, juga bisa dijadikan sebagai bumbu atau penyedap masakan. Oleh karena itu menanam tumbuhan obat keluarga (toga) atau yang sering kita kenal dengan apotik hidup, tidaklah rugi. Karena sangat bermanfaat sekali untuk kehidupan kita sehari-hari.



No comments for "Macam Macam Tanaman Toga Beserta Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari"