Manfaat dan Efek Samping Minum Air Rebusan Daun Sirih Lengkap Beserta Kandungan di Dalamnya

Manfaat dan Efek Samping Minur air Rebusan daun Sirih


Dapur Studi - Daun sirih, merupakan salah satu jenis tanaman obat keluarga atau yang sering kita sebut toga. Tanaman toga merupakan jenis tanaman budidaya yang bermanfaat sebagai obat-obatan herbal, selain itu sering kali dijadikan bumbu atau penyedap masakan.

Di Indonesia sendiri daun sirih hijau adalah salah satu jenis daun sirih yang banyak ditemui dan dimanfaatkan. Selain daun sirih hijau ada lagi satu jenis daun sirih yang tak kalah berkhasiat, yakni daun sirih merah. Daun sirih merah mempunyai beberapa kandungan seperti, flavonoid, alkaloid, tannin, senyawa polifenolat, dan minyak atsiri.

Manfaat meminum air rebusan daun sirih

Berikut ini adalah daftar manfaat rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirih, adalah : 

1. Mengatasi gangguan pada pencernaan 

Mengkonsumsi air rebusan daun sirih dapat membantu perut menyerap mineral dan berbagai nutrisi dari makanan. Selain diminum, juga bisa dengan cara mengoleskan minyak daun sirih pada perut yang terasa sakit.

2. Mengobati asam urat

Asam urat adalah rasa nyeri pada sendi saat menggerakan berbagai bagian tubuh, air rebusan daun sirih dapat membantu merendakan nyeri asam urat secara alami.

3. Mengatasi Keputihan

Dengan meminum rebusan daun sirih secara rutin, dapat menghilangkan cairan putih yang menggangu pada organ intim wantia.

4. Menurunkan Depresi

Saat mengunyah atau meminum air dari rebusan daun sirih, hormon serotonin akan dapat diproduksi oleh otak, sehingga akan membuat kita merasa bahagia.

5. Mengobati Penyakit Jantung

Dengan rutin meminum air rebusan daun sirih setiap hari, dapat mengobati berbagai penyakit jantung dan membuat jantung lebih sehat.

6. Membantu Meredakan Batuk

Air rebusan daun sirih mengandung Vitamin B, Vitamin C serta alkaloid untuk mengatasi peradangan penyebab batuk. Siapkan sekitar 5 lembar daun sirih dan air secukupnya, kemudian rebus selama kurang lebih 15 menit.

7. Mengobati Sakit Asma

Daun sirih diperkaya dengan kandungan polifenol dan saponin, dan didalam daun serta buahnya mengandung tinggi akan kandungan flavonoid dan minyak atsiri. Kandungan kimia pada sirih memberikan efek farmakologis yang sangat baik untuk tubuh, seperti mempunyai rasa pedas & peluruh lendir(pada daun), rasa pedas peluruh seni & batu empedu (pada akar). 

8. Membantu Menurukan Berat Badan

Rebusan daun sirih dapat membantu sistem metabolisme dalam tubuh meningkat, membuat sekresi pencernaan ikut meningkat dan sekaligus dapa menghilangkan kadar air berlebihan atau racun dari tubuh.
Serat pada daun sirih dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh sekaligus mengatasi sembelit. Tentu saja ini dapat membantu tubuh anda lebih sehat dan berat badan anda akan semakin mudah turun.

Efek samping dari meminum rebusan daun sirih

Daun sirih memang sudah lama dipercaya sebagai solusi yang ampuh untuk mengatasi keputihan bagi wanita, tetapi sebaiknya tidak berlebihan saat menggunakan daun sirih karena dapat mengubah pH alami pada organ reproduksi wanita.

Berikut daftar beberapa efek samping jika anda menggunakan daun sirih secara berlebihan untuk mengobati keputihan :
  • Kadar pH alami vagina terganggu
  • Bakteri baik terganggu
  • Belum tentu higienis (jadi pastikan higienis dengan mencuci dan sebagainya)
  • Reaksi alergi ketika terkena rebusan air daun sirih
  • Gatal dan ruam pada vagina
Akibatnya, vagina bisa kering atau bahkan menyebabkan jamur dan bakteri berkembang biak terlalu banyak. Sebaiknya sebelum anda menggunakan rebusan air daun sirih untuk mengobati keputihan, terlebih dahulu cobalah mengjaga kebersihan pada celana dalam, pastikan celana dalam selalu kering dan asupan nutrisi selalu terjaga dengan baik.

Daun sirih merupakan tanaman yang mengandung banyak air, sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air, sehingga daun sirih rendah lemak dan kalori. Daun sirih juga memiliki kemampuan membunuh bakteri dan jamur, serta memiliki peran sebagai antioksidan.

Berikut adalah daftar kandungan pada daun sirih:
  • Protein: 3% per 100 gram
  • lodin: 3,4 mcg per 100 gram
  • Sodium: 1,1-4,6% per 100 gram
  • Vitamin A: 1,9-2,9 mg per 100 gram
  • Vitamin B1: 13-70 mcg per 100 gram
  • Vitamin B2: 1,9-30 mcg per 100 gram
  • Asam nikotinat: 0,63-0,89 mg per 100 gram



No comments for "Manfaat dan Efek Samping Minum Air Rebusan Daun Sirih Lengkap Beserta Kandungan di Dalamnya"