Resep Empal Gentong Khas Cirebon dan 3 Warung Empal Gentong Yang Harus Anda Coba saat Berkunjung Ke Cirebon

Resep Empal Gentong Khas Cirebon dan 3 Warung Empal Gentong Yang Harus Anda Coba saat Berkunjung Ke Cirebon

DapurStudi - Empal Gentong menjadi salah satu santapan khas yang wajib anda coba saat berkunjung ke Kota Cirebon. Empal Gentong khas cirebon ini merupakan salah satu variasi masakan soto yang menggunakan campuran daging sapi,babat,limpa sapi dan jeroan sapi yang lain sebagai isi utamanya. Tentu saja Empal Gentong cirebon juga cocok sekali disantap bersama nasi putih atau lontong yang hangat. Jangan lupa kerupuk dan cabai kering untuk menemani makanmu.

Pada artikel kali ini, dapur studi akan membahas resep cara membuat empal gentong khas cirebon yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Tapi untuk kamu yang ingin menikmati langsung empal gentong khas Cirebon bisa langsung datang kesana, tapi tunggu dulu. Jangan sampai salah tempat ya, soalnya ada beberapa tempat makan yang menyediakan Empal Gentong dengan rasa yang sudah teruji dan sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Tempat makan ini kerap kali dipadati wisatawan tiap akhir pekan, ataupun musim liburan.

Resep Cara Membuat Empal Gentong 

Oke pada pembahasan pertama kita akan mencoba membuat empal gentong bersama , ikuti cara cara yang kami berikan ya.

Bahan bahan

1 kg daging dan jeroan, rebus hingga setengah empuk
2 sendok makan fiber creme/santan
secukupnya bawang goreng
secukupnya irisan daung bawang

Pelengkap bumbu

2 buah kapulaga
2 buah cengkeh
1 telunjuk kayu manis
2 buah sereh
2 lembar daun salam
1 telunjuk jahe bagi 2
1 telunjuk kunyit bakar bagi 2

Bumbu halus

12 bawang merah
4 bawang putih
8 kemiri sangrai
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
2 sendok makan minyak goreng

Langkah dan Cara Membuat

  1. Siapkan bumbu halus, tumis hingga layu kemudian haluskan. 
  2. Tumis bumbu pelengkap, lalu masukan bumbu halus dan masak hingga harum.
  3. Masukan daging & jeroan yang sudah direbus dan dipotong ( kecil ) atau sesuai selera. Pindah ke panci, tambahkan larutan fiber creme dan air hingga daging terendam. Koreksi rasa dengan tambahan garam/kaldu jamur dan merica. masak sampai daging empuk.
  4. Empal gentong siap dihidangkan

Daftar Rekomendasi Warung Empal Gentong di Cirebon

Berikut ini daftar rekomendasi yang telah berhasil dapur studi kumpulkan dari website Kompas com  
dalam situs tersebut merekomendasikan beberapa tempat yang sudah teruji kelezatannya dan memang tempat tersebut cukup terkenal di Cirebon.

1. Empal Gentong H. Apud

Warung makan ini sangat terkenal di Cirebon, dan telah dikenal dari tahun 1994. Rumah makan empal gentong ini terkenal dengan daging yang empuk dan olahan bumbunya yang padat.
Kini Empal Gentong H Apud memiliki tiga cabang yang tersebar di Kota Cirebon. Bertempat di Jln Tujuh Pahlawan Revolusi (Tuparev) , Jln Juanda atau biasa disebut Plered, dan kawasan Batik Trusmi. Sementara itu untuk harga satu porsi empal gentong di warung ini seharga Rp 23.000

2. Empal Gentong Amartha

Warung makan yang telah ada sejak tahun 1997 ini , didirikan pertama kali oleh pasangan suami istri bernama Solihin dan Emi yang pertama kali merintisnya. Lokasinya pun sangat strategis membuatnya kerap dilalu bus wisatawan. Alamat warung ini berada di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 37 Battembut Cirebon. Untuk harga sendiri , warung ini mematok harga Rp. 24.000 per porsi.

3. Empal Gentong Hj. Dian

Empal Gentong Hj. Dian yang berada di Jalan Raya Ir. H Juanda No. 84 Tengah Tani, Cirebon. Warung makan ini juga memiliki parkiran yang cukup luas, tak heran jika banyak pengunjung dari kalangan artis dan pejabat datang ke warung ini. Sementara itu untuk harga per porsi di warung ini adalah Rp. 25.000

Demikian lah artikel untuk Resep Empal Gentong Khas Cirebon dan 3 Warung Empal Gentong Yang Harus Anda Coba saat Berkunjung Ke Cirebon, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin membuat empal gentong sendiri atau ingin merasakan Empal Gentong Legendaris di Cirebon langsung. Jangan Lupa untuk share artikel ini jika memang bermanfaat untuk anda :)

No comments for "Resep Empal Gentong Khas Cirebon dan 3 Warung Empal Gentong Yang Harus Anda Coba saat Berkunjung Ke Cirebon"