Daftar Resep Cara Membuat Sambal Pecel Lele Pedas Istimewa Khas Lamongan

Daftar Resep Cara Membuat Sambal Pecel Lele Pedas Istimewa Khas Lamongan

DapurStudi.id - Pecel lele sangat populer dikalangan maysarakat indonesia, karena makanannya yang enak , murah dan sekarang mudah untuk didapatkan. Para pedagang pecel lele sekarang sudah banyak bertebaran di kota - kota besar, anda bisa menemukan tempat yang menjual pecel lele di pinggir jalan, mereka biasanya mendirikan tenda hingga larut malam.

Kandungan Yang Baik Pada Lele

 
Makanan ini berasalah dari Jawa Tengah, awalnya pedagang memanfaatkan lele yang berlimpah dari empang . Lele digoreng, kemudian disajikan dengan sambal rawit segar dengan kucuran air jeruk nipis atau limau. Setelah digoreng, kadungan pada lelepun tidak kalah dengan kandungan ikan lainnya. Lele mengandung protein yang tinggi, setidaknya terdapat 20% protein dalam lele berikut lemak tak jenuhnya yang bermanfaat bagi metabolisme tubuh kita. Lele sangat baik untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, lele dapat mendukung perkembangan otak dengan kandungan Vitamin A, omega 3, dan omega 6. Karena lemak yang terkandung dalam lele juga merupakan lemak tak jenuh, maka ikan ini pun mampu menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut.  Jadi untuk penderita kolestrol tinggi, aman mengkonsumisnya. Lelepun aman untuk yang sedang diet dan menghindari makanan yang berlemak tinggi, lele bisa jadi pengganti alternatif baik daging ayam atau sapi. Kandungan lemaknya, jauh lebih rendah dari pada kdua jenis daging tersebut. 

Cara Membuat Pecel Lele

Cara membuat pecel lele sendiri adalah dengan menggoreng terlebih dahulu lelenya, kemudian disajikan sebagai pecel agar lebih nikmat rasanya. Tambahkan  lalapan dan sambal pecel pedas , rasa pedas dan lalan akan membuat makan terasa lebih nikmat. Jika anda berniat mencarinya siang-siang akan sulit ditemukan,  karena para penjual pecel biasanya mulai berjualan ketika sore menjelang malam. Oke kali ini kita akan langsung aja membahas beberapa resep cara membuat sambal pecel lele, simak yu :-) 

Bahan-Bahan Sambal Pecel Lele:

  1. Tomat matang merah yang segar berukuran sedang, 3 buah saja. Pilih tomat sayur dengan ukuran daging yang tipis.
  2. Cabai merah besar yang segar, 5 buah. Opsional jumlahnya bisa Anda tambah jika ingin rasa yang lebih pedas. Namun, rasa pedas dari cabai merah tidak sepedas cabai rawit. Jadi, jika ingin rasa lebih pedas, sebaiknya penambahan pada cabai rawit saja.
  3. Bawang merah, 10 siung.
  4. Bawang putih, 5 siung.
  5. Cabai rawit segar, 21 buah. Tambahkan jumlah yang lebih banyak untuk rasa yang semakin pedas atau kurangi jika tidak ingin terlalu pedas.
  6. Kemiri, 2 butir. Bisa juga Anda ganti dengan kacang mete, 3 biji untuk mendapatkan rasa yang lebih khas,
  7. Gula merah yang telah disisir, 1 sendok makan.
  8. Garam, secukupnya.
  9. Minyak goreng, secukupnya.
  10. Terasi, secukupnya. Anda bisa melewati atau menghilangkan bahan ini jika tidak suka.
  11. Penyedap rasa, secukupnya. Namun, untuk masakkan yang lebih sehat Anda tidak perlu menambahkannya.

Cara Membuat Sambal Pecel Lele Pedas dan Nikmat:

  1. Pastikan semua bahan telah Anda cuci bersih. Mulai dari cabai, tomat, dan bawangnya.
  2. Siapkan wajan dan panaskan minyak dalam api sedang. Goreng cabai merah, cabai rawit, tomat, bawang merah, bawang putih, terasi, dan kemirinya. Aduk dan goreng hingga matang. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  3. Siapakan ulekan atau cobek. Tuangkan semua bahan yang telah digoreng tadi pada ulekan atau cobek tersebut. tambahkan garam dan sisiran gula merah. Ulek kasha semua bahan, jangan terlalu halus.
  4. Untuk hasil yang lebih cepat, Anda bisa menggunakan blender hanya saja hasilnya pasti sangat halus sehingga tidak akan senikmat sambal yang diulek.
  5. Sambal pun siap disajikan baik itu di piring saji atau diulekannya langsung.

Versi Sederhana Membuat Sambal Pecel lele



Bahan-bahan

  • 4 Siung Bawang merah
  • 1 siung bawang putih 
  • 1 buah kemiri
  • 1 terasi Abc
  • 3 buah cabe rawit (sesuaikan )
  • 1 buah cabe merah 
  • 1 buah tomat
  • secukupnya gula merah
  • secukupnya garam
  • sedikit micin ( gak pakai gak papa )

Langkah dan Cara Membuat Sambal

  1. Goreng Bawang putih, bawang merah, kemiri, cabe serta tomat dengan api sedang
  2. Goreng Terasi sebentar saja
  3. Masukan semua bahan yang sudah di goreng kedalam cobak, lalu tes rasanya tambahkan micin jika kurang gurih,
  4. Sajikan dalam wadah dan sambal siap di santap